Selasa, 25 September 2012

Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Rusak

Kali ini saya ingin berbagi pengetahuan tentang cara memperbaiki Flashdisk yang rusak entah itu disebabkan karena Write Protect, RAW, 0 Bytes atau sebab lain. Dengan catatan, Flashdisk yang dapat diperbaiki adalah Flashdisk yang masih baik kondisi hardwarenya dan hanya butuh diflash ulang software microcontrollernya. Hal tersebut dapat diketahui dengan cara menghubungkan Flashdisk atau Memory ke komputer, jika Flashdisk atau Memory masih terdeteksi oleh komputer dan muncul di Windows Explorer, itu berarti kemungkinan besar masih dapat diperbaiki.

 
Pengalaman pribadi saya sudah berhasil memperbaiki 2 buah Flashdisk yaitu Kingston Data Traveler G2(DT 101 G2) 4GB dan Toshiba 2GB. Awalnya saya sudah mencoba memperbaiki menggunakan software HP Drive Key Boot Utility, HP USB Storage Format Tool, dan software lainnya yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu. Tanpa basa-basi lagi mari kita langsung ke pokok permasalahan. Untuk memperbaiki Flashdisk yang rusak, kita harus mengetahui terlebih dahulu Vendor serta berapa nomor IC Microcontrollernya. Hal ini dapat dilakukan dengan membongkar Casing Flashdisk kemudian melihat langsung atau tanpa membongkar Casing Flashdisk dengan cara menggunakan beberapa software berikut ini:
  • USBView
  • CheckUDisk 5.0
  • ChipGenius_v3.0
Download ketiga software tersebut di sini
Berikut ini saya update lagi tambahan software selain ketiga software di atas:
  • USBDeView
  • ChipGenius_v4.0
Download kedua software tersebut di sini
Setelah menggunakan salah satu dari software tersebut maka kita akan mengetahui informasi mengenai Flashdisk yang akan kita perbaiki. Yang perlu kita perhatikan adalah VID & PID dari Flashdisk yang bersangkutan. Berikut ini saya berikan contoh tampilan menggunakan software CheckUDisk 5.0:
Pada tampilan di atas, saya mengambil screenshot serta mengcopy semua informasi di kolom device information ke dalam sebuah notepad yang saya beri nama Info supaya dapat saya lihat kembali nantinya.
Saya update sedikit lagi tentang cara pengecekan informasi Flashdisk yang akan kita perbaiki. Gunakan ChipGenius_v4.0 untuk mengecek informasi Flashdisk anda dan perhatikan pada bagian "Chip Vendor:Chip Part-Number:", karena itu adalah informasi mengenai IC Microcontroller Flashdisk anda dan akan kita gunakan sebagai patokan disertai dengan berpatokan pada VID & PID.
Setelah mendapatkan informasi yang dibutuhkan khususnya Chip VendorChip Part-Number serta VID & PID, maka kita langsung menuju situs untuk mendapatkan software yang digunakan untuk proses Flash ulang Microcontroller Flashdisk yang akan kita perbaiki. Berikut ini tahap-tahapnya:

1. Gunakan browser Google Chrome dan pergi ke alamat http://www.flashboot.ru/iflash.html. Kita gunakan Google Chrome karena browser tersebut dapat menerjemahkan suatu halaman ke pilihan bahasa yang tersedia.
2. Masukkan kode VID & PID lalu tekan Enter atau klik tombol йти yang artinya adalah Cari.
3. Pada halaman selanjutnya cari data yang cocok dengan Flashdisk anda lalu copy kata kunci software pada kolom sebelah kanan.
4. Paste kata kunci software tersebut pada kolom sebelah kanan bagian atas halaman dan klik tombol Поиск yang artinya adalah Cari. Maka otomatis akan membuka tab baru.
5. Pada halaman tab baru yang terbuka secara otomatis, klik pada salah satu link untuk mendownload softwarenya(biasanya link yang paling atas, pokoknya yang ada gambarnya).
6. Pada halaman selanjutnya klik tombol Download atau Скачать
7. Pada halaman selanjutnya ketikkan karakter yang ada pada gambar lalu klik tombol Download atau Скачать
8. Pada halaman selanjutnya tunggu sekitar 5 detik lalu tentukan akan disimpan di mana filenya.
9. Jika gagal mendownload dan halaman kembali ke step 6, ulangi kembali step 6 & 7. 
10. Setelah software selesai didownload, coba Flash ulang Microcontroller Flashdisk anda menggunakan software tersebut.

Selamat mencoba semoga sukses. Jika anda memiliki pertanyaan atau keluhan seputar topik di atas, silahkan komentar. Saya akan berusaha menjawab semampunya. Terima Kasih...


Sumber : http://coolkadet.blogspot.com/2012/08/cara-memperbaiki-flashdisk-atau-memory.html#.UPTfVDeEUwo

Tidak ada komentar: